5 Tempat Wisata di Gedong Songo yang Hits dan Populer

5 Kawasan Wisata Gedong Songo yang Sayang Jika Tak Dikunjungi
okeinfo.net

Sebagai ibu kota Jawa Tengah, kota Semarang terkenal dengan banyaknya pilihan tempat wisata. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, dan juga wisata kuliner.

Salah satu daerah di kota Semarang yang memiliki beberapa destinasi wisata di Kota Semarang adalah kawasan wisata Gedong Songo.

Pada musim liburan sekolah atau liburan pada hari raya nasional, kota ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga dan juga sahabat.

Gedong Songo sendiri terletak di area wisata Bandungan yang merupakan daerah pegunungan dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang menyejukkan.


List Lokasi Wisata Gedong Songo


Beberapa tempat wisata yang populer di kawasan Gedong Songo dan sekitarnya yang bisa menjadi pilihan kamu untuk berlibur antara lain:

1. Candi Gedong Songo

√ 5 Kawasan Wisata Gedong Songo yang Sayang Jika Tak Dikunjungi
dolanyok.com

Candi Gedong Songo merupakan wisata peninggalan sejarah Hindu yang masih dilestarikan sampai sekarang.

Nama Gedong Songo berasal dari Bahasa Jawa, gedong berarti bangunan sedangkan songo adalah jumlah sembilan. Jadi candi ini memiliki arti gedung yang berjumlah sembilan.

Untuk bisa mengunjungi ke sembilan candi tersebut kamu bisa berjalan kaki melewati jalan setapak ataupun bisa menyewa kuda yang disediakan di kawasan ini.

Kawasan candi ini terletak di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian mencapai 1200 di atas permukaan laut yang membuat udara di sekitar candi ini sangat sejuk dan dingin.

Suhu udaranya sekitar 19-27 ⁰C. Saat berlibur kesini jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen dengan berfoto berlatarkan kemegahan candi dengan panorama alam pegunungan yang hijau dan asri ya.

2. Ayana

√ 5 Kawasan Wisata Gedong Songo yang Sayang Jika Tak Dikunjungi
jateng.idntimes.com

Banyaknya spot-spot foto yang instagramable membuat Ayana menjadi tempat kekinian yang hits dan selalu ramai dikunjungi oleh para millenials pada akhir pekan untuk berburu foto. Kurang lebih terdapat 35 spot foto yang keren dan menarik.

Terdapat beberapa spot yang menjadi favorit para pengunjung antara lain balon udara, bubble tent, hammock, dan tempat duduk di tengah kolam.

Ada beberapa spot foto yang telah disediakan disini yang tidak gratis. Jadi kamu harus membayar lagi sebesar Rp 5.000 per orangnya, selain membayar tiket masuk ke Ayana seharga Rp 20.000.

3. Taman Bunga Celosia

masbei.com

Masih berada di Kawasan Wisata Candi Gedong Songo, Taman Bunga Celosia menawarkan keindahan beberapa jenis bunga yang ditanam disini.

Daya tarik lain dari objek wisata ini adalah adanya miniatur bangunan-bangunan yang terkenal di dunia seperti menara Eiffel, patung Merlion Singapura, dan rumah kincir angin Belanda.

Fasilitas lainnya yang ditawarkan disini adalah beberapa wahana permainan yang menyenangkan seperti Mini Roller Coaster, Scooter Drift, dan Skybike.

4. Vanaprastha Park

bumn.go.id

Wisata alam Vanaprastha Park Perhutani menjadi pilihan tempat wisata refreshing bagi para warga Semarang.

Keadaan alamnya yang masih sangat terjaga membuat tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat bersantai untuk menghilangkan penat dan kejenuhan akan aktivitas sehari-hari.

Beberapa fasilitas yang disediakan disini antara lain penginapan berupa villa, area camping ground, taman bermain anak, dan juga ada hammock yang membentang diantara pohon pinus.

5. Pemandian Air Panas

camerawisata.com

Pemandian air panas ini terletak di dekat candi ketiga diantara sembilan candi Gedong Songo. Sumber air panasnya berasal dari Lereng Gunung Kendalisodo, anak Gunung Ungaran bagian selatan.

Harga tiket masuk ke dalam kompleks pemandian air panas ini sangat murah yaitu hanya Rp 3.000 per orangnya.

Namun sebelumnya kamu tetap harus membayar tiket masuk ke dalam kawasan Candi Gedong Songo terlebih dahulu.

Disini terdapat satu kolam pemandian dengan ukuran yang tidak terlalu luas namun bisa menampung kurang lebih 30 orang.

Bagian kolamnya diberi sekat untuk membatasi antara kolam dangkal untuk anak-anak dan kolam dewasa.

Keywords: Wisata Gedong Songo

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*