14 Tempat Wisata di Lampung yang Hits dan Wajib Dikunjungi

√ 11 Lokasi Wisata Lampung Terpopuler dan Wajib Kamu Kunjungi

Lampung terletak di ujung selatan pulau Sumatera. Merupakan provinsi yang memiliki pesona wisata alam yang epic terutama pantainya. Letaknya yang berada persis di ujung pulau membuat Lampung dikelilingi oleh pantai-pantai indah nan eksotis.

Selain wisata, percampuran kultur dan budaya masyarakat di Lampung sangatlah unik karena dipadati oleh suku dan etnis yang beragam. Berbagai macam suku dari ujung Sabang hingga Merauke akan kamu jumpai di setiap sudut Kota Lampung.

So, jika kita berbicara tentang wisata Lampung maka mulai dari keindahan alam hingga keragaman budaya akan kamu temui disini. Hal ini yang membuat Lampung menjadi salah satu daerah yang banyak diincar oleh pelancong dari berbagai kota.


Tempat Wisata di Kota Lampung


Wisata kota Lampung saat ini sedang hits terutama di kalangan anak muda yang hobi traveling bersama teman-temannya di waktu luang dan liburan.

Explore ke berbagai wilayah di Indonesia menjadi momen yang sangat menyenangkan di waktu muda karena bisa menikmati berbagai pemandangan yang indah sekaligus belajar beradaptasi dengan berbagai masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia dengan beragam bahasa, kebudayaan dan juga cara hidup.

Tentu saja cara hidup di kota Lampung akan berbeda dengan di kota besar yang penuh dengan hingar bingar gaya hidup khas perkotaan bukan?

Nah, untuk Anda yang penasaran dengan isi tempat wisata di Lampung, berikut informasinya. Jangan lupa siapkan dana traveling khusus sehingga Anda bisa leluasa kemana saja Anda pergi tanpa mengganggu budget yang lainnya.

Berikut beberapa daerah yang membuat wisatawan ingin selalu berkunjung ke Lampung.

1. Way Kambas

Image Source: republika.co.id

Anda pecinta gajah? Disinilah tempatnya dimana Anda bisa melihat langsung kehidupan gajah liar.

Way Kambas adalah taman nasional yang paling tua dan menjadi tempat perlindungan bagi beberapa hewan yang sudah nyaris punah seperti Badak Sumatera dan Harimau Sumatera.

Jangan lewatkan kesempatan untuk naik gajah, main sepakbola dengan gajah atau melihat bagaimana gajah dilatih secara langsung.

2. Teluk Kiluan

travelogs.info

Jika tujuan utama berkunjung ke Way Kambas adalah untuk bertemu gajah, maka dengan berkunjung ke Teluk Kiluan kamu dapat menjumpai kawanan lumba-lumba secara langsung di habitat aslinya.

Teluk Kiluan terletak di Desa Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tangganus.

Musim kemarau, kisaran bulan April-September, adalah waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini karena aktivitas lumba-lumba sedang meningkat dibandingkan musim lainnya.

Namun jangan khawatir selain bertemu lumba-lumba, kamu juga dapat mengunjungi Pulau Kelapa atau Laguna Gayau, tempat dimana kamu bisa berendam bebas di air yang jernih tanpa gangguan ombak.

3. Danau Suoh

klikmags.blogspot.com

Suoh merupakan nama sebuah daerah yang terkenal dengan banyak danaunya. Ada empat danau yang ada di Suoh, yaitu Danau Belibis, Danau Minyak, Danau Lebar, dan Danau Asam.

Nama dari keempat danau tersebut didasarkan pada karakteristik masing-masing danau. Danau Belibis menjadi tempat paling hits untuk berfoto karena terdapat padang ilalang yang tumbuh liar namun mempesona.

4. Taman Wisata Purbakala Pugung Raharjo

jejakpiknik.com

Sesuai dengan namanya, kawasan peninggalan kebudayaan purbakala ini terletak di Desa Pugung Raharjo.

Taman yang telah melegenda ke seluruh dunia ini dipenuhi oleh saksi-saksi bisu penginggalan sejarah berupa batu mayat, kuburan batu, altar batu, meja batu, dan berbagai jenis peninggalan peradaban lainnya.

5. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

sytycdism.com

Selain Taman Nasional Way Kambas, satu lagi tempat konservasi gajah di Lampung adalah Taman Nasional Bukit Barisan.

Tak hanya gajah, di kawasan konservasi yang masuk dalam situs warisan dunia UNESCO ini juga terdapat berbagai flora dan fauna langka lainnya.

Seperti Badak dan Harimau Sumatera, jika beruntung wisatawan juga dapat menjumpai keberadaan Rafflesia Arnoldi (bunga bangkai) dan Kantong Semar.

Terdapat pantai, hutan hujan pegunungan, dan hutan hutan hujan dataran rendah juga loh disini.

6. Pulau Pahawang

rutemu.com

Lokasi ini disebut-sebut sebagai Maldives-nya Indonesia, sebuah pulau kecil dengan luas kurang lebih 1.084 hektar.

Salah satu lokasi wisata Lampung yang menjadi incaran wisatawan lokal dan luar negeri.

Pesona pasir putihnya yang menggoda akan menyihir kamu untuk menginap beberapa hari di pulau yang mirip dengan Raja Ampat ini. Banyak penginapan dan resort yang tersedia jika kamu ingin stay.

Selain itu pemandangan bawah laut yang menakjubkan dapat kamu jumpai saat snorkeling atau diving.

Pulang Pahawang terbagi menjadi Pahawang Besar yang terbuka untuk umum dan Pahawang Kecil yang merupakan pulau pribadi.

7. Pantai Mutun

Image Source: ksmtour.com

Terletak di Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Padang Cermin. Pantai ini memiliki pemandangan indah, hamparan pasir putih dengan air laut biru dan berombak tenang.

Dari sini Anda bisa melihat Pulau Tangkil yang berada tepat di seberang pantai. Sempatkanlah menyeberangi pulau ini dengan menyewa perahu bermotor.

Air laut di sekitar Pulau Tangkil sangat jernih. Ombaknya pun cenderung tenang sehingga nyaman dan aman untuk berenang.

8. Pantai Tangkil

Image Source: utiket.com

Pantai ini berada di kota Lempasing, Pulau Tangkil, kecamatan Padang Cermin. Lokasi pantai tepat berhadapan dengan pantai Mutun. Pantai ini memiliki pasir putih di sepanjang pesisir pantai.

Ada yang berpendapat, pantai tangkil lebih indah di bandingkan pantai Mutun. Mungkin karena pantai tangkil lebih alami karena belum banyak wisatawan yang datang ke sini.

Bagi yang ingin berenang, menyelam, bercanda bersama ombak menumpang banana boat dan menikmati suasana pantai yang jauh dari keriuhan, pantai tangkil cocok jadi pilihan.

9. Pantai Krui

√ 11 Lokasi Wisata Lampung Terpopuler dan Wajib Kamu Kunjungi
tripadvisor.co.id

Pantai Krui ini memiliki ombak yang tingginya bisa mencapai 3 s/d 5 meter. Tak heran bila pantai Krui menjadi salah satu pantai favorit bagi para pecinta olah raga selancar.

Air laut di dasar pantai tampak jernih. Ikan ikan yang sedang berenang lincah diantara terumbu karang menjadi pemandangan tersendiri bagi para pelancong.

10. Pantai Laguna

Image Source: files.wordpress.com

Pantai Laguna yang terletak di kabupaten Lampung Selatan (ibukota Kalianda) ini memiliki pasir pantai yang putih bersih, berair jernih. Ombak di pantai ini pun seru untuk berselancar.

Bahkan ada yang menyebut Pantai Laguna adalah surga para peselancar karena ombaknya tergolong menantang untuk ditaklukkan.

Pantai yang terletak di kawasan paling ujung pulau sumatra ini berada dekat dengan pelabuhan Bakauheni (kota Kalianda).

Kurang afdol rasanya jika tidak membahas seluruh lokasi wisata di Provinsi Lampung. Masih banyak destinasi-destinasi lainnya yang wajib kamu kunjungi jika berada di Lampung.

11. Pantai Pasir Putih

√ 11 Lokasi Wisata Lampung Terpopuler dan Wajib Kamu Kunjungi
infolpg.com

Pantai Pasir Putih merupakan salah satu objek wisata bahari yang sering sekali di datangi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Warga mulai menjaga kebersihan Pantai semenjak pemerintah setempat menetapkan Pantai pasir putih sebagai salah satu objek wisata.

Keistimewaan pantai ini adalah hamparan pasir putih yang luas dan indah, seolah mirip bentangan permadani putih. Tak salah bila pantai ini diberi nama Pantai Pasir Putih.

Jajaran pohon rindang di tepi pantai, menambah sejuk pemandangan mata. Meski matahari menyorot garang, duduk di tepi pantai sambil menikmati birunya laut, dan tiupan angin sepoi sepoi, membuat Anda betah berlama lama di sini.

12. Pantai Kelapa Rapet

√ 11 Lokasi Wisata Lampung Terpopuler dan Wajib Kamu Kunjungi
wawailampungku.blogspot.com

Pantai ini berlokasi di Dusun Ketapang, Desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran (dekat Kota Bandar Lampung). Luas pantai mencapai 1000 M2 sehingga mampu ribuan pengunjung yang membludak saat musim liburan tiba.

Pantai Kelapa Rapet juga dikenal dengan nama Pantai Klara yang merupakan singkatan cerdas untuk kelapa Rapet.

Sedangkan nama Kelapa Rapet sendiri, bisa jadi diadopsi karena di pantai berair biru jernih banyak pohon kelapa tumbuh saling rapat atau berdekatan.

Letaknya yang jauh dari Samudera Indonesia dan berada di pesisir Teluk Lampung, menjadikan ombak tidak terlalu besar di pantai ini. Karena itu Pantai Klara berair tenang dan aman untuk anak anak bermain air atau berenang.

13. Pulau Kubur

Image Source: lampung.tribunnews.com

Mendengar nama kubur disini mungkin bagi sebagian orang langsung membuat bulu kuduk merinding. Namun jangan salah, tempat ini ternyata tidak seseram namanya.

Bagi Anda yang hobby memancing maka disinilah surganya. Dulu, disini sering digunakan sebagai lokasi untuk menaburkan abu jenazah yang sudah dikremasi namun tenang saja semuanya tidak akan terlihat menyeramkan dan selalu banyak pengunjung dan berlibur di pulau ini.

14. Gunung Krakatau

Image Source: ihategreenjello.com

Siapa yang tidak kenal tempat wisata kota Lampung yang satu ini? Disini Anda bisa menikmati wisata pegunungan dan keindahan selat sunda sekaligus wisata baharai. Tidak heran, untuk bisa masuk kesini Anda harus mendapatkan ijin terlebih dahulu.

Selain destinasi diatas, selama berada di Lampung dan Anda ingin berselancar maka Anda bisa menikmati keindahan dan deburan ombak di Pantai Tanjung Setia.

Pantai ini cukup jauh sekitar 6 jam dari pusat kota Lampung namun semua lelah Anda akan terbayarkan begitu melihat betapa indah dan sempurnanya pantai ini yang tetap bersih dan tidak penuh dengan kegiatan manusia.

Selamat datang untuk wisata kota Lampung dan jangan lupa juga untuk berkunjung ke 14 tempat populer di atas ya!

Keywords: Wisata Lampung

You May Also Like

About the Author: Arfin Budi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *