8 Makanan Khas Arab yang Terkenal Lezat dan Recommended untuk Dicoba

√ 8 Makanan Khas Arab yang Terkenal Lezat dan Recommended Dicicipi
happyfresh.id

Arab Saudi merupakan salah satu negara di Timur Tengah yang terkenal sebagai tempat sucinya umat muslim di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Selain sebagai negara untuk tujuan beribadah umrah dan haji bagi umat muslim, Arab Saudi juga memiliki tempat-tempat yang menarik untuk didatangi wisatawan.

Tidak hanya itu saja, Arab Saudi juga memiliki berbagai macam makanan khas yang populer dan terkenal. Bahkan tersedia di negara-negara lain termasuk Indonesia.

Makanan khas Arab pada umumnya mengandung banyak rempah dan menggunakan bahan seperti daging kambing, gandung, ayam kalkun, daging ayam dan masih banyak yang lainnya.

Tidak hanya itu saja, penyajian dari tampilan makanan khas Arab ini juga menggiurkan di mata dan membuat yang melihatnya tidak sabar untuk segera mencicipinya.


Makanan Khas Arab


Penasaran dengan makanan khas timur tengah, khususnya Arab? Berikut merupakan 8 makanan khas Arab yang terkenal lezat dan recommended untuk dicoba.

1. Hummus

√ 8 Makanan Khas Arab yang Terkenal Lezat dan Recommended Dicicipi
id.wikipedia.org

Hummus merupakan makanan khas Arab berupa pure, saus cocol, bubur atau sejenis selai gurih yang enak dan wajib untuk dicoba.

Selai gurih yang digunakan untuk hidangan ini dibuat dari kacang Arab biling yang dicampur dengan wijen giling (tahini), sari perasan limau, bawang putih, garam dan minyak zaitun.

Selain Arab, makanan khas yang satu ini sangat populer di seantero Timur Tengah, termasuk Afrika Utara dan juga Turki. Biasanya makanan khas yang satu ini disantap dengan menggunakan roti sebagai pelengkap untuk memakannya.

Hummus dalam Bahasa arab memiliki arti kacang Arab dan nama lengkap dari makanan khas ini adalah hummus bi tahina yang memiliki arti kacang Arab dan juga Tahini.

2. Nasi Kebuli Arab

√ 8 Makanan Khas Arab yang Terkenal Lezat dan Recommended Dicicipi
id.wikipedia.org

Nasi Kebuli merupakan makanan khas Arab berupa nasi berbumbu yang memiliki cita rasa gurih dan sudah sangat terkenal di negara-negara lain termasuk Indonesia.

Makanan khas Arab yang satu ini dimasak dengan menggunakan kaldu daging kambung, susu kambing, dan juga minyak samin. Nasi kebuli biasanya disajikan dengan menggunakan daging kambing goreng yang ditaburi dengan irisan kismis atau kurma.

Di Indonesia, nasi kebuli sangat populer di kalangan warga Betawi atau warga keturunan Arab yang ada di Indonesia. Nasi kebuli juga menjadi bukti dan menunjukan dengan jelas pengaruh budaya Arab Timur Tengah, tepatnya tradisi dari Arab Yaman.

Di Betawi, makanan khas yang satu ini biasanya disajikan ketika perayaan agama Islam, seperti misalnya ketika lebaran, maulid, atau kurban.

Selain warga Betawi, nasi kebuli juga terkenal di Kawasan kota yang ada warga keturunan Arabnya seperti Gresik dan juga Surabaya.

3. Samosa

√ 8 Makanan Khas Arab yang Terkenal Lezat dan Recommended Dicicipi
makananoleholeh.com

Samosa merupakan makanan khas Arab atau Timur Tengah berupa pastri goreng dengan bentuk segitiga yang juga menarik untuk dicicipi.

Makanan khas yang satu ini memiliki isian yang terbuat dari kentang rebus dengan bumbu rempah, lalu dicampur dengan kacang kapri.

Selain kacang kapri, isian makanan ini juga dicampur dengan daun ketumbar, bawang Bombay dan juga terkadang paneer.

Makanan ringan khas yang satu ini populer dan terkenal di beberapa wilayah dan negara seperti Asia Tengah, Asia Selatan, Indonesia, Singapura dan Malaysia.

Samosa sendiri memiliki beberapa variasi yang bergantung dengan ukuran, bentuk, dan juga ketebalan kulit yang bergantung pada resep yang digunakan.

Biasanya Samosa disajikan dengan saus seperti yogurt, irisan bawang bombah, chutney, chaat masal dan juga daun ketumbar.

4. Manakeesh

√ 8 Makanan Khas Arab yang Terkenal Lezat dan Recommended Dicicipi
today.line.me

Manakeesh merupakan makanan khas Arab berupa sajian makanan yang mirip dengan Pizza jika dilihat dalam hal penyajiannya.

Namun bahan baku yang digunakan untuk membuat pizza berbeda dengan bahan yang digunakan untuk membuat makanan khas yang satu ini.

Manakeesh sendiri biasanya dibuat dengan menggunakan tepung terigu, gula, madu, minyak zaitun dan juga tidak ketinggalan bumbu rempah.

Penggunaan bumbu rempah sudah menjadi ciri khas dari makanan khas Timur Tengah.

Manakeesh sendirimemiliki toping, namun toping yang digunakan juga sangat berbeda dengan topping yang digunakan pada pizza pada umumnya.

Biasanya , manakhesh menggunakan keju putih yang memiliki rasa dominan asin atau keju ackawi. Namun tidak hanya itu saja, manakeesh sendiri juga tersedia dengan toping daging cincang, irisan tomat dan juga aus pedas.

5. Mutabbaq

√ 8 Makanan Khas Arab yang Terkenal Lezat dan Recommended Dicicipi
tokopedia.com

Tidak melulu makanan utama atau makanan berat, makanan khas Arab juga ada yang berupa side dish yang menarik untuk dicoba dan dicicipi.

Dari namanya, mungkin kita sebagai orang Indonesia merasa tidak asing dan terdengar mirip dengan martabak yang sudah terkenal di Indonesia.

Secara keseluruhan, mutabbaq ini memang hampir mirip dengan martabak telur yang ada di Indonesia. Jika martabak telur menggunakan telur, daging cincang dan juga daun bawang yang dibalut dengan kulit pastry garing.

Namun yang membedakannya dengan matabbiq adalah isian daging yang digunakannya. Mutabbiq menggunakan daging kambing atau domba.

Penggunaan daging kambing dan domba membuat makanan ini memiliki cita rasa yang khas ketika memakannya.

6. Nasi Kabsah

√ 8 Makanan Khas Arab yang Terkenal Lezat dan Recommended Dicicipi
id.wikipedia.org

Nasi kabsah merupakan makanan khas Arab yang dianggap sebagai makanan atau hidangan nasional. Makanan ini juga wajib dicicipi. Makanan khas Arab yang satu ini menggunakan bahan dasar nasi dan juga daging yang dikenal makbus.

Nasi kabsah ini terkenal di negara-negara lain seperti Yaman, Oman, Qatar, Uni Emirat Rab, Bahrain, Kuwait dan juga bahkan di Indonesia.

Nama makanan ini berasal dari kata Bahasa Arab “Kabsa” yang berarti tekan. Hal ini mengacu pada teknik memasak yang digunakan.

Daging yang digunakan untunk membuat kabsa bisa dimaasak dengan beberapa cara, namun cara yang pupuler adalah daging dipanggang di dlubah dalam tanah yang tertutup.

7. Saleeg

√ 8 Makanan Khas Arab yang Terkenal Lezat dan Recommended Dicicipi
id.wikipedia.org

Saleeg merupakan makanan tradisional di Kerajaan Arab Saudi berupa nasi yang dimasak dengan menggunakan kaldu dan juga susu.

Makanan Timur Tengah yang satu ini memiliki rasa yang enak dengant ekstur yang lembut serta rasa gurih yang membuat siapapun tidak tahan menolaknya.

Saleeg sendiri cukup mudah dibuat dan hanya menggunakan bahan seperti beras, ayam, bumbu rempah dan juga susu.

Makanan khas Arab yang satu ini berasal dari daerah Hijaz, yaitu daerah di bagian barat Arab. Makanan ini jugakaya akan nutrisi dan mudah dicerna oleh anak-anak.

8. Shawarma

√ 8 Makanan Khas Arab yang Terkenal Lezat dan Recommended Dicicipi
kabarmakkah.com

Shawarma merupakan makanan khas Arab yang biasanya di sajikan dan disantap dengan roti Arab yang memiliki bentuk kantong. Makanan khas yang satu ini juga bisa disantap dengan Fattoush, roti taboon, tabbouleh, mentimun dan juga tomat.

Shawarma sendiri adalah hidangan daging dimana daging domba, kalkun, ayam, sapi atau daging lainnya dimasukkan ke besi panjang dan dipanggang seharian.

Sedangkan untuk toppingnya, makanan khas Arab yang satu ini menggunakan hummus, tahini, amba dan juga lobak asam. Penamaan shawarma ini mengacu dari rotisserie-daging yang di panggang dan diputar di sekitar tempat daging diletakkan.

Keyword: Makanan Khas Arab

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*