10 Makanan Khas Malang Yang Bikin Lidah Bergoyang

√ 10 Makanan Khas Malang Yang Bikin Lidah Bergoyang
getdiskon.com

Ketika kamu mendengar tentang makanan khas malang, mungkin yang pertama kali terbesit di pikranmu adalah bakso malang.

Atau mungkin sebenarnya kamu hanya mengetahui sedikit tentang makanan khas malang.

Padahal jika ditelisik lebih jauh, bisa dibilang Malang punya segudang makanan khasnya yang patut kamu ketahui.


Makanan Khas Malang


Dari sekian banyaknya, kira-kira apa saja ya makanan khas malang?

1. Bakso malang

Image Source: tripzilla.id

Dari semua makanan khas Malang, bisa dibilang bakso malang adalah yang terkenal. Karena begitu terkenalnya, sampai-sampai makanan ini bisa kamu temukan di mana saja, tanpa harus berkunjung ke Malang.

Namun, hal itu tidak menghilangkan kekhasan bakso malang dan tentunya akan selalui dicintai oleh penggemar bakso malang.

Jika dilihat dari penampilan dan sajiannya, bakso malang tidak berbeda dari bakso pada umumnya. Yang membedakan bakso malang dengan bakso yang lain adalah isi yang ada di dalam bakso.

Bakso malang memiliki variasi isian di dalam bakso, tidak hanya daging. Isiannya ada urat, telur puyuh, sumsum, keju, sosis, tahu, dan sambal cabai rawit yang sangat pedas.

Selain itu, jika diperhatikan dan dirasakan baik-baik, kuah bakso malang lebih berminyak dan berlemak. Itu juga yang membuat kuah bakso malang terlihat lebih keruh dari bakso pada umumnya.

Bakso malang memag sudah ada di mana-mana kini dan kamu bisa lebih mudah untuk mencoba dan menikmati cita rasa bakso malang. Atau kamu juga bisa mencobanya ketika berkunjung ke Malang.

2. Bakwan malang

Image Source: detik.net.id

Jika ada bakso malang, ada juga bakwan malang. Biasanya makanan ini juga disebut sebagai bakwan kawi.

Tampilannya hampir seperti bakso pada umumnya. Selain itu, jika dibandingkan dengan bakso malang, bakwan malang memiliki isian yang lebih sederhana.

Yang membuat bakwan malang berbeda adalah sajian bakwan yang terbuat dari tepung kanji, sehingga teksturnya menjadi kenyal ketika berpadu dengan dengan kuah bakwan kawi.

Selain itu, kuahnya juga lebih bening, tidak sekental bakso malang, sehingga ketika kamu menikmatinya, rasanya begitu nyaman di perut.

3. Bakso bakar

Image Source: travelingyuk.com

Jika ada bakso malang, ada juga bakso bakar di Malang. Bisa dibilang, ciri khas kuliner malang adalah cara menyajikan menu makanan dari bakso dengan cara yang beragam. Salah satunya adalah bakso bakar ini.

Sederhana, makanan ini adalah bakso yang dibakar layaknya ikan atau ayam yang dibakar. Ada varian rasa manis, pedas, dan pedas manis.

Makanan ini juga seperti bakso malang, terkenal dan sudah dijual di mana-mana. Kamu bisa dengan mudah mencicipi bakso bakar.

Namun, tentu tak kalah hebatnya jika kamu berkunjung ke malang dan merasakan bakso bakar asli malang dengan cita rasanya yang autentik.

4. Tahu campur

Image Source: akulily.com

Mungkin makanan ini terdengar sederhana dan dijual di mana-mana. Akan tetapi, tahu campur yang satu ini adalah tahu campur khas malang.

Jika biasanya tahu campur berisi tahu, lontong, dan varian yang hanya sayuran saja, tahu campur khas malang memiliki isian yang lebih bervariasi.

Tahu campur dari malang memiliki isian tahu yang dicampur dengan daging sapi atau kikil sapi, perkedel singkong, mi, dan berbagai sayuran.

Oh ya, biasanya pada tahu campur malang juga ditambahkan sedikit kuah dan sambal petis. Perpaduan unik antara sayuran dan daging yang ditambah pula dengan hitam manisnya sambal petis membuat lidahmu puas dimanjakan oleh tahu campur khas malang ini.

5. Mendol

Image Source: cookpad.com

Mendol merupakan salah satu makanan malang yang memiliki nama uang unik dan bentuk yang unik pula.

Mendol adalah makanan yang terbuat dari kedelai yang dicampur dengan beberapa bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, dan lain-lain.

Kedelai dan bumbu ini diaduk seperti membuat adonan, kemudian dibentuk menjadi bulat lonjong dan kemudian digoreng. sekilas terlihat combro, namun juga seperti tempe.

Mendol biasanya juga dimakan sebagai camilan yang membuatmu selalu ingin memakannya tiada henti. Kamu pasti akan ketagihan.

6. Sego goreng mawut

Image Source: kooliner.com

Makanan ini juga memiliki nama yang unik, yaitu sego goring mawut. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, artinya nasi goreng yang acak-acakan.

Mengapa diberi nama seperti itu ya? Bisa dibilang itu karena dari tampilan makanan ini yang tidak seperti nasi goreng pada umumnya. Nasi goreng mawut adalah nasi yang digoreng dan dicampur dengan mi.

Perpaduan nasi dan mi yang digoreng bersamaan membuat tampilan sego goreng mawut terlihat acak-acakan.

Perpaduan nasi dan mi ini jugalah yang membuat makanan ini menarik dari sajian dan juga cita rasanya dan pastinya membuatmu penasaran untuk mencobanya dengan segera.

7. Cwie mie malang

Image Source: travelingyuk.com

Cwie mie malang bisa dibalang sebagai makanan yang sejenis dengan mi ayam yang bias any kita temui. Namun, makanan ini unik jika dilihat dari cara penyajiannya.

Mie dan suwiran ayam disajikan di atas pangsit yang berukuran besar dan lebar.

Selain itu, tambahan sajian sayur selada yang membuat cita rasa unik pada makanan ini, antara gurih dan renyahnya cwie mie malang dan segarnya sayur selada.

8. Orem-orem

Image Source: goodindonesianfood.com

Makanan ini bisa dibilang cukup unik dari nama, bahan, dan cara mengolahnya. Orem-orem adalah makanan dengan isian ketupat, telur asin, dan tempe yang telah dipotong kecil-kecil.

Isian ini kemudian disiram dengan kuah kaldu ayam yang kental seperti kuah opor dan sayur lodeh.

Tampilannya seperti opor atau sayur lodeh, namun lebih sederhana karena hanya ada sajian ketupat, temped an telur asin. Selain itu, cita rasa orem-orem juga bisa dibilang begitu khas dan autentik.

Itu karena kuahnya yang gurih berpadu dengan tempe yang juga gurih dan telur asin yang dengan rasa asin yang cukup kuat.

Mungkin jika kamu sedang berkunjung ke malang dan kemudian merasa kelaparan, orem-orem bisa jadi pilihan tepat untuk mengenyangkan perutmu dengan puas dan tuntas.

Perpaduan kuah, telur asin, dan ketupat akan cukup puas mengenyangkanmu.

9. Angsle malang

Image Source: travelingyuk.com

Makanan khas malang yang satu ini, jika dari makanan sebelumnya, memang berbeda. Angsle malang merupakan salah satu makanan khas malang yang bercita rasa manis.

Namun, sekilas makanan ini tidak berbeda dengan sekoteng karena kuahnya yang bersantan dan manis serta isiannya yang hamper sama, seperti kacang hijau, kacang tanah sangria, sagu mutiara, dan irisan roti.

Walaupun begitu, dari makanan khas malang ini, ada tambahan sajian yang berbeda dan merupakan khas angsle malang, yaitu putu mayang, ketan putih kukus, dan tape singkong.

Karena tambahan isian inilah, angsle malang juga memiliki cita rasa yang unik, tidak hanya manis, namun juga dari asamnya tape singkong.

Selain itu, ketika kamu mencoba angsle malang, dijamin kamu akan kenyang karena begitu banyaknya isian angsle malang.

Ada kacang hijau, sagu mutiara, tape singkong, putu mayang, dank ketan putih kukus yang cepat membuat perutmu kenyang.

10. Rawon

Image Source: idntimes.com

Mungkin makanan ini termasuk makanan yang sudah umum dijual di sekitar jawa timur, tidak hanya di malang saja.

Bahkan, rawon juga sudah terkenal dan dijual di mana-mana sampai-sampai kamu mudah menemukan tempat yang menjual rawon.

Namun, tak ada salahnya untuk mencicipi rawon jika kamu sedang berkunjung ke malang, apalagi cita rasa rawon dari asalnya tentu saja begitu autentik dengan sangat disayangkan untuk dilewatkan.

Terkadang kuah rawon yang berwarna pekat membuat orang-orang memandang sebelah mata cita rasa makanan ini. Padahal, justru kekhasan makanan ini terletak pada kuahnya yang hitam.

Rawon adalah makanan berupa daging sapi yang dimasak dengan sebuah bumbu khas dan disajikan dengan kuah hitam. Warna hitam dari kuah rawon berasal dari bumbu andalan yang bernama kluwek.

Bumbu ini berasal dari biji kluwek dan dan dipecah kemudian diambil isinya. Warnanya yang hitam tidak berarti bahwa cita rasa makanan ini juga buruk.

Karena bumbu inilah, rawon memiliki cita rasa khas gurih yang khas yang berbeda dari makanan yang bercita rasa gurih pada umumnya.

Rawon biasanya dilengkapi dengan telur asin. Asinnya telur asin yang begitu terasa berpadu dengan khasnya rasa gurih bumbu rawon.

Perpaduan ini membuat rawon menjadi salah satu makanan yang tak tergantikan di hati penggemar kuliner.

Keyword: Makanan Khas Malang

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*