8 Makanan Khas Jepara yang Mantap Abis dan Wajib Dicicipi

√ 8 Makanan Khas Jepara yang Mantap Abis dan Wajib Dicicipi

Jepara merupakan salah satu kota di Pulau Jawa yang memiliki banyak sekali julukan. Selain terkenal dengan julukan “Bumi Kartini”, Jepara juga mempunyai beberapa julukan lainnya.

Beberapa julukan kota Jepara diantaranya adalah Kota Energi, Kota 1000 Ponpes, Kota Ukir, Carribean Van Java, Schevening Van Java, The World Carving Center dan Kota Kerajinan.

Tidak hanya memiliki banyak julukan, Jepara juga terkenal memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Banyak tempat wisata alam dan sejarah yang menakjubkan untuk didatangi. Wisata alamnya pun benar-benar memukau.

Namun, selain wisata alam dan sejarah, Jepara juga memiliki banyak makanan khas yang bisa dijadikan sebagai wisata kuliner jika kamu sedang berkunjung ke Jepara.


Makanan Khas Jepara


Penasaran dengan makanan khas dari Jepara? Berikut merupakan 8 makanan khas Jepara yang mantap abis dan juga wajib untuk dicicipi.

1. Lontong Krubyuk

√ 8 Makanan Khas Jepara yang Mantap Abis dan Wajib Dicicipi
putratravel.net

Lontong Krubyuk merupakan makanan tradisional khas Jepara yang diolah dengan menggunakan bumbu-bumbu khusus Karimun Jawa. Biasanya lontong krubyuk disajikan sebagai menu makan siang oleh warga dan masyarakat Karimunjawa, Jepara.

Krubyuk sendiri memiliki arti beraktivitas (berjalan) di air, yang mana pada makanan ini disajikan dengan banyak kuah pada hidangannya.

Lontong krubyuk sendiri cukup berbeda dengan lontong lain pada umumnya, kuah lontong ini memiliki rasa segar yang sangan cocok disantap ketika siang hari.

Makanan khas Jepara yang satu ini biasanya disajikan dengan menggunakan bahan campuran tauge yang setengah matang dan juga irisan daun seledri.

Yang menjadi pembeda dengan lonton lain pada umumny adalah lontong ini diberi suwiran daging ayam semur lalu disiram dengan kuah baso.

2. Soto Jepara

√ 8 Makanan Khas Jepara yang Mantap Abis dan Wajib Dicicipi
zonamakan.com

Soto Jepara merupakan makanan khas Jepara lainnya yang sekilas mungkin terlihat seperti soto ayam biasa pada umumnya. Namun sebenarnya soto jepara memiliki cita rasa yang enak, gurih dan tidak ditemukan pada soto ayam lainnya.

Perbedaan yang paling jelas dari soto jepara dengan soto ayam biasa pada umumnya adalah pada penggunaan kuahnya. Selain itu, perbedaan soto jepara dengan soto kudus, atau soto semarang adalah penggunaan kucai di dalam soto ayam.

Jika kamu ingin mencoba makanan khas Jepara yang satu ini kamu bisa dengan mudah menemukannya di warung-warung yang ada dikabupaten Jepara. Jika soto semarang, soto kudus dan soto lainnya disantap dengan pendamping sate, perkedel, tahu atau tempe goreng.

Maka soto jepara menggunakan pelengkap seperti tahu, tempe, horok-horok, rempah dan juga sate jeroan. Jika kamu berkunjung ke Jepara, maka makanan khas yang satu ini wajib masuk ke daftar makanan yang harus kamu coba.

3. Pindang Serani

√ 8 Makanan Khas Jepara yang Mantap Abis dan Wajib Dicicipi
semarangpos.com

Pindang serani merupakan makanan khas Jepara lainnya yang wajib untuk dimakan ketika kamu berkunjung atau berwisata ke daerah ini.

Makanan khas Jepara yang satu ini merupakan hidangan sup ikan yang berkuah bening dengan menggunakan bahan dasar utama ikan segar.

Pindang serani sendiri sebenarnya cocok disantap sebagai makanan pembuka sebelum makan besar atau pada saat pagi hari. Rahasia dari rasa yang lezat dan cita rasa khas dari pindang serani adalah pada pemilihan bahan utamanya, yaitu ikan laut.

Ikan yang digunakan untuk pindang serani haruslan ikan yang segar. Karena ini akan mempengaruhi kualitas dan rasa lezat dari kaldu yang akan dibuat.

Selain itu, ikan yang cocok untuk digunakan sebagai bahan utama pindang serani adalah ikan yang memiliki daging lembut, tekstur kenyal dan memiliki lemak serta minim duri.

4. Sop Udang

√ 8 Makanan Khas Jepara yang Mantap Abis dan Wajib Dicicipi
selerasa.com

Sop udang merupakan makanan khas Jepara lainnya yang wajib untuk kamu cicipi jika kamu sedang berkunjung ke daerah Jepara. Sop udang khas Jepara cukup berbeda dengan sop lainnya yang biasanya menggunakan ayam sebagai bahan dasar utamanya.

Salah satu alasan mengapa sop udah terkenal di daerah Jepara adalah karena melimpahnya jumlah udang di wilayah pesisir ini dan juga cukup mudah ditemukan.

Perbedaan lainnya dengan sop pada umumnya adalah, sop khas jepara ini memnggunakan kaldu udang dan juga udah goreng serta cabe merah yang ditumbuk.

Sedangkan untuk rasanya, tidak usah diragukan lagi, rasa sop udah ini sangatlah enak, nikmat, lezat ditambah dengan kuahnya yang segar. Perpaduan kuah dan udang menjadi salah satu alasan yang membuat sop udang ini sangat enak.

5. Kuluban

√ 8 Makanan Khas Jepara yang Mantap Abis dan Wajib Dicicipi
sajiansedap.grid.id

Kuluban merupakan makanan tradisional khas Jepara yang juga bisa dibilang sebagai saladnya Jepara. Makanan tradisional khas Jepara yang satu ini sangatlah mudah ditemukan, terutama di pasar-pasar tradisional, misalnya seperti pasar karangrandu.

Sajian kuluban sendiri terbuat dari berbagai macam jenis sayuran yang disajikan dengan menggunakan bumbu kelapa atau kita biasa mengenalnya dengan urap.

Namun di Jepara, makanan khas yang satu ini disebut kuluban. Selain itu, ada yang menjadi pembeda antara urap dan kuluban. Perbedaan tersebut diantaranya, jika kuluban ada tauge mentah dan Nangka muda rebus, maka urap tidak menggunakan bahan ini.

6. Sayur Betik

√ 8 Makanan Khas Jepara yang Mantap Abis dan Wajib Dicicipi
sajiansedap.grid.id

Sayur betik merupakan makanan khas Jepara yang biasa dijadikan sebagai menu makan sehari-hari. Makanan khas Jepara yang satu ini menggunakan bahan dasar pepaya muda dan juga daging tetelah sebagai bahan utamanya.

Pepaya yang digunakan sebagai bahan untuk membuat sayur betik adalah pepaya yang dipotong menjadi ukuran seperti koreng api.

Selain daging tetelan, sayur betik juga menggunakan daun jeruk yang sudah dibuang tulang daunnya, daun salam, batang serai, gula pasir, garam, air asam santan dan minyak untuk ditumis.

Sedangkan untunk bumbu halusnya menggunakan bawang putih, bawang merah, ketumbar, kemiri, merica, jinten bubuk, kluwak, kencur dan kunyit.

7. Singit

√ 8 Makanan Khas Jepara yang Mantap Abis dan Wajib Dicicipi
sajiansedap.grid.id

Singit merupakan makanan khas Jepara dengan bahan dasar daging yang juga wajib untuk kamu cicipi jika kamu berkunjung ke daerah ini.

Makanan khas Jepara yang satu ini sangatlah mudah untuk dibuat dan singit juga bisa menjadi menu rekomendasi untuk santap keluarga.

Bahan-bahan untuk membuat singit diantaranya adalah daging sapi bagian sengkel, santan, kecap manis, cabai merah, gula merah, garam, bawang putih dan bawang merah.

Dari segi tampilan, singit terlihat seperti sajian daging kecap atau mungkin semur daging, namun rasa dominannya bukan manis saja. Singit juga memiliki rasa gurih yang did apat dari santan. Selain itu singit sangat enak jika disantap dengan nasi hangat.

8. Opor Panggang

√ 8 Makanan Khas Jepara yang Mantap Abis dan Wajib Dicicipi
id.wikipedia.org

Opor panggang merupakan makanan khas Jepara tepatnya dari desa Mayong yang di panggang menggunakan paso. Paso sendiri merupakan wadah dengan bentuk bak yang dibuat menggunakan tanah liat dan digunakan sebagai oven.

Opor panggang khas Jepara ini hampir mirip dengan opor bakar Kudus, namun yang membedakannya adalah teknik memasaknya. Untuk membuat opor panggang khas Jepara, ayam dimasak dengan kuah opor terlebih dahulu, lalu di panggang menggunakan paso.

Jika sudah, ayam disajikan dengan kuah opor lagi.

Keyword: Makanan Khas Jepara

You May Also Like

About the Author: Arfin Budi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *