5 Makanan Khas Cirebon yang Enak dan Harus Kamu Nikmati

√ 5 Makanan Khas Cirebon yang Enak dan Harus Kamu Nikmati

Mungkin kamu ingin sedang ingin mengunjungi sebuah kota, namun kamu belum tau ke kota mana kamu akan pergi.

Cirebon bisa menjadi salah satu kota yang bisa kamu kunjungi karena kuliner makanan Cirebon yang begitu beragam. Kamu bisa puas berwisata kuliner di Cirebon.

Atau kamu mungkin akan dan sedang berkunjung ke Cirebon, maka tak ada salahnya mengelilingi kota ini dan memburu berbagai makanan khasnya.


Makanan Khas Cirebon


Kira-kira apa saja ya makanan-makanan khas Cirebon? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Empal gentong

√ 5 Makanan Khas Cirebon yang Enak dan Harus Kamu Nikmati
resepdanmasakan.com

Ya, empal gentong. Makanan ini sudah begitu terkenal di mana-mana, bahkan empal gentong juga menjadi ikon kuliner khas Cirebon. Jika ingat Cirebon, akan teringat makanan ini.

Atau kamu mungkin belum tahu tentang makanan ini. Empal gentong adalah makanan khas Cirebon yang berisi jeroan sapi yang sudah dipotong-potong. Jeroan tersebut terdiri dari babat, usus, hati, paru, dan limpa.

Selain jeroan, empal gentong juga berisi daging sapi yang juga telah dipotong-potong. Semua potongan jeroan dan daging dapi dimasak dengan dengan kuah bumbu kuning yang khas dan menggoda.

Makanan ini semakin nikmat karena disajikan ketika panas, sehabis dipanaskan di dalam kuali yang terbuat dari tanah liat.

Cara memasak dan memanaskan di kuali dari tanah liat inilah yang membuat empal gentong begitu sangat istimewa dan ikonik di kota Cirebon, baik dari cara memasaknya maupun cita rasanya.

Tentunya makanan yang dimasak dengan cara yang masih tradisional akan menghasilkan cita rasa yang tidak hanya nikmat, tetapi juga harum, berkesan, dan autentik.

Jangan sampai melewatkan ikon kuliner makanan khas Cirebon yang satu ini.

2. Nasi jamblang

√ 5 Makanan Khas Cirebon yang Enak dan Harus Kamu Nikmati
gotravelly.com

Empal gentong bukan hanya satu-satunya ikon kuliner makanan Cirebon. Ada makanan yang pamornya tak kalah tinggi dari empal gentong.

Selain empal gentong, ikon kuliner makanan khas Cirebon adalah nasi jamblang.

Bahkan, bisa dibilang tak sempurna rasanya jika sudah menikmati empal gentong, namun luput untuk menikmati makanan yang satu ini.

Nasi jamblang merupakan makanan yang berupa nasi dan lauk seperti nasi pada umumnya. Ada lauk yang di antaranya adalah ikan asin, perkedel, tempe, tahu, pepes ikan, dan ayam goreng.

Mungkin, yang biasa kita temui adalah nasi dituangkan dan dibungkus pada daun pisang, sedangkan penyajian nasi jamblang tidak seperti itu.

Sesuatu yang membuat makanan ini terlihat begitu khas adalah cara penyajiannya, yaitu nasi dituangkan dan dibungkus pada daun jati. Tak lupa pula, nasi dituangkan dalam keadaan yang masih panas, baru matang.

Karena nasi baru saja matang dan masih panas, muncul aroma daun jati yang layu karena panas dari nasi ini.

Aroma daun jati tersebut begitu harum dank khas, sehingga ketika menikmati nasi tersebut rasanya terasa begitu nikmat, sampai-sampai kamu bisa ingin menambah nasi dan lauk lagi, tidak ingin kenyang begitu saja.

Kekhasan nasi jamblang tidak hanya berhenti sampai situ saja. Selain lauk pauk yang telah disebutkan di atas, nasi jamblang juga punya menu lauk spesial serta selalu andalan dan favorit penikmat nasi jamblang, yaitu paru goreng dan tumis cumi hitam.

Bagi sebagian orang, mungkin pilihan lauk tumis cumi hitam akan dianggap kurang mengguga selera karena tintanya.

Padahal, rahasia kelezatan lauk yang satu ini adalah perpaduan cumi dan tinta hitamnya yang telah ditumis dengan bumbu-bumbu yang harum dan pastinya semakin menggugah selera.

Sebuah paket lengkap yang menggugah selera dalam makanan yang satu ini, yaitu nasi jamblang. Jangan sampai pula kamu melewatkannya.

3. Nasi lengko

√ 5 Makanan Khas Cirebon yang Enak dan Harus Kamu Nikmati
eresep.com

Selain nasi lengko, Cirebon juga memiliki menu kuliner nasi khasnya, yaitu nasi lengko. Nasi yang satu ini, mungkin tidak sepopuler nasi jamblang yang bahkan telah menjadi ikon kuliner makanan khas Cirebon.

Akan tetapi, nasi lengko juga tak kalah khas nikmat dari nasi jamblang bahkan kamu juga tak kalah wajib dan jangan sampai luput untuk mecicipi nasi yang satu ini.

Nasi pecel bisa dibilang merupakan nasi pecel a la kota Cirebon. Ya, nasi lengko adalah nasi pecel khas Cirebon karena tampilan dan isinya mirip seperti nasi pecel yang biasa kita temui di mana-mana.

Nasi lengko dihidangkan dengan berbagai sayuran seperti sayur-mayur yang biasa dihidangkan pada nasi pecel.

Makanan ini juga disiram dengan sambal yang serupa dengan nasi pecel, yaitu sambal kacang.

Akan tetapi, yang membuat makanan ini khas dan menarik adalah potongan daun kucai dan bawang goreng yang ditaburkan pada nasi lengko.

Perpaduan antara sambal kacang dan bawang goreng serta irisan daun kucai menciptakan aroma nasi lengko yang menarik, harum, dan menggugah selera.

Selain itu ada beberapa campuran bersama sayur yang tidak ada pada nasi pecel pada umumnya, yaitu daun bawang.

Selain sambal kacang, bawang goreng, daun kucai yang berpadu menciptakan aroma khas nasi lengko, daun bawang ini juga menjadi kunci kenikmatan aroma khas nasi lengko.

Tentunya, nasi lengko tak kalah nikmatnya untuk menjadi pilihan makanan yang menggugah selera kita sebagai kuliner makanan khas Cirebon.

4. Empal asem

√ 5 Makanan Khas Cirebon yang Enak dan Harus Kamu Nikmati
ksmtour.com

Jika tadi kita mengenal tentang empal gentong, Cirebon juga punya menu kuliner empal yang lain, dengan nama makanan yang serupa tapi tak sama. Ya, empal asem.

Dari namanya, kita bisa mengetahui bahwa makanan yang satu ini tidak jauh berbeda dengan empal gentong.

Bahkan, bisa dibilang bahwa bahan, cara mengolah, dan cara menyajikan empal asem tak jauh beda dengan empal gentong.

Empal asem juga berisi daging dan jeroan yang dimasak dengan kuah di dalam kuali dari tanah liat.

Yang membuat makanan ini sangat berbeda dengan empal gentong adalah rasanya, seperti nama makanan ini, “asem”.

Empal asem memiliki rasa yang asam, sehingga kita menikmatinya, rasanya begitu nikmat, hangat, namun juga segar.

Ternyata, rasa asam ini berasal dari bumbu yang digunakan empal asem. Bumbu ini bukanlah sebuah rempah melainkan buah yang bernama belimbing wuluh.

Buah ini adalah salah satu jenis belimbing yang ukurannya lebih kecil dari belimbing biasanya dan rasanya benar-benar asam.

Memang makanan ini tidak sampai menjadi ikon seperti empal gentong. Yang menjajakan empal asem juga tidak sebanyak penjaja empal gentong.

Namun, kamu jangan sampai menyesal karena melewatkan cita rasa unik empal asem yang terasa begitu segar.

5. Bubur ayam cirebon

√ 5 Makanan Khas Cirebon yang Enak dan Harus Kamu Nikmati
tribunnews.com

Dari semua sudah kita becarakan sebelumnya, makanan satu menjadi andalan terakhir wajib kamu nikmati dan tidak boleh kamu lewatkan. Bubur ayam.

Bedanya adalah bubur ayam yang satu ini adalah kuliner khas Cirebon dan tentu saja memiliki keunikan di dalamnya.

Seperti bubur ayam pada umumnya, bubur ayam Cirebon ini disajikan dengan bubur yang disiram kuah kaldu yang sudah diberi bumbu kuning, kemudian ditaburi kacang tanah, seledri, dan suwiran ayam.

Kekhasan bubur ini adalah potongan cakwe yang selalu mengiringi dan melengkapi bubur ayam Cirebon ketika kita akan menyantapnya.

Cita rasa gurih bubur ayam, kuah kuning, dan cakwe menjadi sebuah paket lengkap rasa gurih dalam satu hidangan ini.

Jika kamu merasa bubur ayam Cirebon ini juga kurang lengkap dan istimewa, kamu bisa melengkapinya dengan sate usus, sate telur puyuh, atau sate ampel ati, sesuai selera yang kamu mau.

Makanan pelengkap ini juga menjadi penambah kekhasan bubur ayam Cirebon yang berbeda dari bubur ayam lain yang disajikan dengan lebih sederhana.

Keywords: Makanan Khas Cirebon

You May Also Like

About the Author: Arfin Budi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *