8 Makanan Khas Banten yang Wajib Dicoba dan Sayang untuk Dilewatkan

√ 8 Makanan Khas Banten yang Wajib Dicoba dan Sayang Dilewatkan

Banten merupakan salah satu provinsi di pulau Jawa yang memiliki banyak destinasi wisata. Sebut saja Anyer, tempat wisata ini sangat populer dan terkenal. Banyak wisatawan yang dating ke banten untuk pergi ke Anyer.

Namun selain sebagai daerah yang memiliki banyak tempat wisata, banten juga memiliki berbagai macam makanan khas yang wajib untuk dicoba.

Jika kamu sedang mengunjungi banten tentunya tidak ada salahnya mencoba berbagai macam makanan khas dari daerah ini.

Di Banten, berbagai macam makanan khas sangat menarik untuk dicicipi. Bahkan mungkin untuk beberapa makanan khasnya sudah banyak tersedia juga di daerah lain.

Namun tentunya pengalaman mencicipi makanan khas ini akan terasa berbeda jika kamu memakannya langsung di banten.


Makanan Khas Banten


Penasaran apa saja? Berikut merupakan 8 makanan khas Banten yang wajib untuk dicoba dan jangan sampai dilewatkan jika kamu sedang berkunjung atau berwisata.

1. Sate Bandeng

√ 8 Makanan Khas Banten yang Wajib Dicoba dan Sayang Dilewatkan
id.wikipedia.org

Jika biasanya yang kamu tahu hidangan dengan bahan ikan bandeng di goreng atau di bakar, namun makanan khas banten yang satu ini menyajikan ikan bandeng di buat menjadi sate.

Sate bandeng sebenarnya merupakan racikan dari juru masak Kesultanan Banten. Namun sate bandeng yang sudah ada sejak abad ke-16 ini mengalami perubahan resep yang disesuaikan dengan cita rasa masa kini.

Yang menarik dari makanan khas Banten yang satu ini adalah tidak adanya duri ikan, di mana ikan bandeng terkenal memiliki duri yang banyak.

Ada dua macam sate bandeng, yaitu sate bandeng original dan sate bandeng pedas. Untuk sate bandeng pedas, bisasanya memiliki warna merah. Sedangkan yang original berwarna putih.

2. Pecak Bandeng

√ 8 Makanan Khas Banten yang Wajib Dicoba dan Sayang Dilewatkan
food.detik.com

Pecak bandeng adalah makanan dengan olahan ikan khas Banten yang menjadi andalan di kota Serang. Salah satu makanan khas banten yang satu ini wajib dicoba dan jangan sampai dilewatkan, terlebih jika kamu merupakan pecinta kuliner pedas.

Seperti namanya, pecak bandeng merupakan hidangan ikan bandeng yang dilumuri bumbu, sambel tomat, terasi, sambal pedas dan asam jawa. Bumbu-bumbu tersebut membuat pecak bandeng memiliki citarasa pedas yang dahsyat.

Rasa ikan yang gurih dipadukan dengan sambel pecak yang jadi ciri khas dari makanan Banten yang satu ini akan membuat orang yang mencicipinya ketagihan.

Biasanya pecak bandeng menjadi salah satu makanan khas Banten yang menjadi buruan para pecinta kuliner atau wisatawan yang berkunjung ke Banten.

3. Sate Bebek Cibeber

√ 8 Makanan Khas Banten yang Wajib Dicoba dan Sayang Dilewatkan
jabar.tribunnews.com

Sate bebek cibeber merupakan makanan khas Banten yang wajib kamu cob ajika kamu sedang berkunjung ke wilayah Cibeber, Cilegon, Banten.

Tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya, yang membedakan sate bebek cibeber adalah penggunaan bahan dasar daging bebek yang dipadukan dengan kuah tepung atau kacang dari berbagai macam bumbu tradisional.

Perbedaan lainnya adalah sate bebek cibeber tidak perlu lagi diberi bumbu kacang atau bumbu kecap. Namun meskipun begitu cita rasa dari sate bebek cibeber tidak kalah enak dengan sate lainnya.

Tetapi jika kamu ingin menambahkan bumbu kecap atau bumbu kacang sebagai pelengkap, biasanya penjual sate bebek menyediakan bumbu tersebut.

4. Nasi Sumsum Bakar

√ 8 Makanan Khas Banten yang Wajib Dicoba dan Sayang Dilewatkan
indonesiakaya.com

Nasi sumsum bakar adalah makanan khas Banten yang menggunakan campuran sumsum tulang kerbau atau sapi, dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar.

Nasi sumsum ini konon sudah ada sejak tahun 1941, di mana pada saat itu tukang potong hewan membawa sisa-sisa tulang.

Tulang-tulang yang dibawa tersebut menarik minat pembeli sehingga perlu dipecahkan terlebih dahulu untuk memudahkan penjualan tulang.

Di dalam tulang terdapat sumsum yang tidak terpakai dan selalu dibuang oleh tukang potong.

Melihat hal ini sang istri coba memanfaatkan sumsum tersebut untuk dimanfaatkan menjadi makanan. Sumsum tulang dicampur dengan nasi lalu dibakar.

Jika kamu ingin mencicipi makanan khas banten yang satu ini, kamu bisa mengunjungi nasi bakar puri yang mana penjual asli dan masih bertahan di kota Serang.

Kedai makanan nasi bakar puri ini ada di jalan T.B. Buang, Pasar Lama dan masih menggunakan daun pisang sebagai pembukus dari nasi.

5. Rabeg Banten

√ 8 Makanan Khas Banten yang Wajib Dicoba dan Sayang Dilewatkan
kabar-banten.com

Rabeg banten merupakan makanan khas banten yang cukup populer saat ini. Makanan khas yang satu ini memiliki rasa yang manis, gurih dan juga pedas yang akan membuat ketagihan ketika mencicipinya.

Rabeg banten sendiri adalah makanan yang menggunakan bahan dasar daging atau jeroan kambing. Hidangan ini dimasak dengan bawang merah, bawang putih, kayu manis, biji pala, lada putih, salam, lengkuas, cabe rawit dan sereh.

Karena merupakan hidangan berkuah dan memiliki rasa yang gurih dan lezat, rabeg banten cocok untuk dimakan ketika masih hangat.

Selain itu, makanan khas yang satu ini juga menjadi salah satu incaran wisatawan atau pecinta kuliner.

6. Sambel Burog

√ 8 Makanan Khas Banten yang Wajib Dicoba dan Sayang Dilewatkan
resepnusantara.id

Sambel adalah makanan khas Serang, Banten yang menggunakan kulit melinjo sebagai bahan dasarnya. Sambel burog memiliki cita rasa pedas yang khas.

Kulit melinjo yang digunakan untuk membuat sambel burog diiris kecil-kecil, lalu ditumis hingga layu.

Campuran bumbu dari bawang putih, bawang merah, kemiri, dan daun salam membuat makanan khas banten yang satu ini memiliki cita rasa yang khas.

Sambel burog sebenarnya merupakan hidangan pendamping nas. Biasanya makanan ini menjadi sajian ketika acara hajatan atau selametan.

Selain itu, biasanya sambel burog juga digunakan ketika hari raya. Makanan khas Banten yang satu ini cocok untuk menjadi teman dari sajian ketupat dan opor.

7. Laksa Tanggerang

√ 8 Makanan Khas Banten yang Wajib Dicoba dan Sayang Dilewatkan
indonesia.go.id

Laksa Tanggerang merupakan makanan khas Banten yang terbuat dari mie tepung beras putih, ditaburi dengan daun seledri dan diberi kuah kuning yang kental.

Laksa tanggerang juga memiliki parutan kelapa yang di sangria dan juga kacang hijau yang memunculkan rasa manis sehingga menciptakan cita rasa yang khas dari makanan ini.

Mie yang terbuat dari tepung beras putih disiram dengan kuah laksa yang menggunakan bahan kacang ijo, santan, kentang, dan kaldu ayam.

Selain itu, makanan khas banten yang satu ini juga bisa ditambahkan daging ayam kampung atau telor sebagai tambahannya.

Biasanya sebelum laksa tanggerang disajikan, makanan khas Banten ini akan di beri taburan daun kucai yang sudah dipotong, diiris atau dirajang kecil-kecil.

8. Angeun Lada

√ 8 Makanan Khas Banten yang Wajib Dicoba dan Sayang Dilewatkan
instagram.com/benubuloe

Angeun lada adalah makanan khas banten yang berakar dari masyarakan suku Sunda. angeun dalam makanan khas ini ini berarti sayur dan lada berarti pedas.

Bahan utama untuk membuat angeun lada adalah babat sapi, daun walang dan juga campuran sayur. Sedangkan untuk bumbunya, makanan khas Banten yang satu ini menggunakan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan kencur.

Angeun lada juga merupakan makanan khas yang wajib ada pada perayaan besar atau hari raya idul fitri.

Fakta menarik lainnya adalah angeun lada di tetapkan sebagai warisan budaya tak benda pada tahun 2016 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Keyword: Makanan Khas Banten

You May Also Like

About the Author: Arfin Budi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *