7 Makanan Khas Jakarta yang Enak dan Tak Boleh Dilupakan

√ 7 Makanan Khas Jakarta yang Enak dan Tak Boleh Dilupakan
Lifestyle.okezone.com

Jika membahas kuliner makanan khas Jakarta, rasa-rasanya kurang menarik karena begitu banyaknya variasi makanan yang dijajakan di Jakarta.

Rasa-rasanya Jakarta telah menyediakaan berbagai makanan khas dari segala penjuru Indonesia, baik dari ujung Sumatra maupun ujung Papua. Karenanya, kita mungkin jadi lupa, apa saja sih makanan khas dari Jakarta.

Sayang sekali jika identitas makanan khas Jakarta itu terlupakan, apalagi kuliner makanan khas Jakarta juga memiliki kekhasan cita rasa tersendiri.


Makanan Khas Jakarta


Untuk selalu mengingatnya dan kembali penasaran untuk segera menikmatinya, ini dia berbagai makanan khas Jakarta yang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Kerak telor

Image Source: airpaz.com

Sepertinya semua orang sudah tahu, apa itu kerak telor dan makanan ini juga dikenal sebagai makanan khas tradisional khas betawi.

Karena begitu terkenal, makanan ini telah dijajakan di mana-mana, sehingga kamu pun yang tidak berada di Jakarta bisa menikmatinya dengan mudah.

Namun, memang tempat sebuah makanan berasal pada akhirnya akan menjadi pelabuhan untuk merasakan cita rasa yang sesungguhnya, termasuk kerak telor ini.

Perpaduan telur bebek yang dicampur dengan bumbu-bumbu sedan nan gurih membuat kerak telor tidak pernah terlupakan dan tidak pernah membosankan di mata para penjelajah kuliner.

2. Nasi uduk

Image Source: selerasa.com

Nasi uduk adalah nasi yang dinanak dengan santan, lalu disajikan dengan lauk telur dadar yang diiris kecil dan panjang.

Tidak hanya irisan telur dadar, biasanya nasi uduk dilengkapi dengan ayam goreng, kentang balado, sambal kacang, sambal pedas, dan juga semur jengkol.

Kekhasan utama nasi uduk adalah gurihnya nasi yang telah dinanak bersama santan yang berpadu dengan kemeriahan lauk yang menyertai nasi uduk.

Mungkin tidak ada yang mengira bahwa nasi uduk merupakan makanan khas Jakarta. makanan ini begitu terkenal dan sudag dijual di mana-mana.

Nasi uduk biasanya kita jumpai pada pagi hari sebagai menu sarapan pagi. Tidak heran jika, Jakarta sebagai tempat asal muasalnya nasi uduk terlupakan begitu saja.

Bisa dibilang, karena kemeriahan lauk nasi uduk ini, lemak dan kalorinya pun cukup tinggi. Namun, terlepas dari tingginya lemak dan kalori di dalam nasi uduk, bukan berarti kamu tidak boleh menikmatinya selamanya.

Atau mungkin jika kamu sedang tidak berdiet, kamu bisa mencoba dan menikmati nasi uduk yang berasal dari Jakarta ini.

3. Gado-gado

Image Source: keeprecipes.com

Selain uduk, gado-gado juga tak kalah terkenalnya dari nasi uduk. Bahkan, biasanya makanan ini menjadi pilihan makanan selain nasi uduk.

Jika nasi uduk begitu tinggi akan lemak dan kalori, gado-gado biasanya menjadi alternative makanan ketika sedang melakukan diet.

Ini karena gado-gado adalah makanan yang berisi berbagai sayuran, seperti, wortel, kubis, selada, tauge, jagung, labu diam, dan lain-lain.

Memang terdapat isi lainnya, seperti tahu, telur, dan kerupuk yang kemudian bersatu padu dengan sayuran dalam siraman kuah kacang yang yang gurih dan juga manis. Makanan yang cukup sehat ya.

Gado-gado juga bisa menjadi alternatif makanan bagi kamu yang merupakan seorang vegetarian karena tidak ada bahan hewani sama sekali selain telur.

4. Semur jengkol

Image Source: qraved.co

Makanan ini pasti juga sudah amat terkenal ya. Bahkan, bisa dibilang semur jengkol telah menjadi ikon kuliner Jakarta, khususnya orang betawi. Jika ingat betawi, ingat semur jengkol.

Makanan ini memang sudah begitu terkenal, namun makanan ini tidak terjajakan dengan luas seperti makanan khas Jakarta lainnya.

Ini karena biasanya semur jengkol dimasak untuk konsumsi di rumah. Atau, jika ingin menemukan semur jengkol, kamu hanya bisa mendapatkannya dengan mudah di daerah sekitar Jakarta.

Seperti makanan semur pada umumnya, semur jengkol juga merupakan biji jengkol yang dimasak dengan bumbu khas semur, sehingga meninggalkan cita rasa yang manis dan juga gurih.

Yang membuat makanan ini berbeda dari yang lain adalah jengkol itu sendiri. Aromanya bagi beberapa orang mungkin kurang disukai karena begitu tajam dan menyegat.

Namun, aroma jengkol inilah yang semakin menambah kelezatan semur jengkol ini. Walaupun aromanya tidak sedap–dan kentut lebih sering–semur jengkol tetap menjadi favorit kuliner makanan jakarta, mengalahkan baunya yang tidak sedap.

5. Ketoprak

Image Source: blog.reddoorz.com

Masih ada lagi menu makanan khas jakarta yang mendampingi nasi uduk dang gado-gado, yaitu ketoprak.

Dari penampilannya ketoprak sekilas mirip dengan kupat tahu karena siraman kuah kacangnya yang melimpah disertai dengan ketupat dan tahu.

Akan tetapi, ketoprak benar-benar memiliki kekhasannya sendiri. Kamu bisa melihat dari isian ketoprak, tidak hanya ketupat, tahu, dan kuah kacang. Ada juga telur, tauge, timun, dan bihun serta kerupuk.

Cita rasa bihun yang disiram kuah kacang dan dipadukan dengan isian lainnya membuat ketoprak menjadi makanan yang berbeda dari yang lain.

6. Asinan Betawi

Image Source: travelingyuk.com

Jika diperhatikan dari makanan-makanan yang kita bicarakan sebelumnya, asinan betawi termasuk makanan yang mungkin asing dan jarang diketahui orang-orang yang tidak tinggal di sekitar jakarta.

Mungkin karena makanan ini belum dijual seluas makanan-makanan khas Jakarta tadi.

Asinan betawi hamper mirip dengan asinan pada umumnya, namun asinan khas jakarta yang satu ini memiliki beragam sayur yang membuat asinan betawi berbeda dengan yang lain.

Asinan betawi berisi potongan sawi, kubis, tauge, tahu putih dan selada.

Sayur yang begitu beragam tersebut direndam dahulu dalam air garam di dalam toples.

Jika telah cukup lama direndam, sayur tersebut telah menjadi asinan yang kemudian disajikan dengan siraman saus kacang tanah, gula aren , dan sambal yang begitu gurih, manis, dan juga pedas.

Perpaduan antara saus kacang dan asinan membuat cita rasa asinan betawi ini tidak hanya terasa asin, tetapi juga gurih, manis, pedas, dan segar.

Walaupun ketika pertama kali mencicipinya, asinan ini akan terasa begitu asin, namun setelahnya rasa asin itu akan berpadu dengan rasa gurih dan manis. Bahkan, pedasnya akan begitu terasa.

Segarnya aneka sayur di dalam asinan semakin menambah selera untuk segera menghabiskan asinan ini.

Mungkin jika kamu seorang vegetarian atau vegan, kamu bisa mencoba asinan ini dan memasukkannya ke dalam menu makanan sehari-harimu.

7. Soto Betawi

Image Source: checkinjakarta.id

Makanan ini termasuk makanan yang tidak terlupakan. Ya, soto betawi. Soto betawi termasuk makanan yang sudah dikenal dan dijajakan di mana-mana.

Sudah banyak yang menjual soto betawi di luar daerah jakarta, namun mungkin tidak sebanyak makanan-makanan tadi, seperti nasi uduk dan lain-lain.

Walaupun begitu, bukan berarti soto betawi kehilangan keistimewaannya atau kurang begitu terkenal.

Dari nama makanan ini, soto betawi, orang-orang yang mendengarnya akan mengingat tempat asal makanan, yaitu dari jakarta, dari orang betawi.

Isi di dalamnya seperti soto pada umumnya, yaitu nasi, bihun, suwiran ayam, tauge, dan irisan tomat. yang membuat soto betawi begitu khas adalah kuah santannya yang begitu kental.

Mungkin karena kuah santannya, kamu akan mengira soto betawi akan terasa lebih berminyak dan berlemak.

Namun, tidak demikian untuk soto betawi. Walaupun kuahnya dari dari santan, namun tetap terasa segar, tidak tidak terlalu berlemak. Kamu tidak boleh melewatkan makanan khas jakarta yang satu ini.

Keyword: Makanan Khas Jakarta

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*