15+ Gunung Tertinggi dan Terindah di Indonesia (Lokasi dan Ketinggian)

✓ 15+ Gunung Tertinggi dan Terindah di Indonesia (Lokasi dan Ketinggian)

Gunung Tertinggi di Indonesia – Gunung adalah sebuah bukit dengan ukuran yang besar dan tinggi. Sebuah bukit tersebut dapat dikatakan sebagai gunung jika tingginya lebih dari 600 meter.

Gunung juga dapat diartikan sebagai bagian dari permukaan bumi yang jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan bagian wilayah sekitarnya.

Saat ini, Mount Everest yang ada di pegunungan Himalaya tercatat sebagai puncak gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian kurang lebih 8.850 mdpl.

Indonesia juga mempunyai banyak sekali gunung yang tinggi dan kebanyakan diantaranya masih aktif sebab Indonesia berada di jalur Ring of Fire.


Gunung Tertinggi dan Terindah di Indonesia


Bagi Anda yang seorang pendaki gunung, tentu sudah tahu beberapa gunung tertinggi di Indonesia, bahkan mungkin sudah pernah mendakinya.

Berikut gunung tertinggi di indonesia berdasarkan urutan dan letaknya:

1. Puncak Jaya

✓ 15+ Gunung Tertinggi dan Terindah di Indonesia (Lokasi dan Ketinggian)
Image Source: wikipedia.com

Gunung Jaya Wijaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di Papua. Saking tingginya, di puncak gunung ini terdapat es yang tidak pernah cair. Gunung ini memiliki ketinggian 5.884 meter di atas permukaan laut.

Puncak gunung ini disebut Cartenz Pyramid. Selain medan pendakiannya yang sulit, biaya yang diperlukan untuk mendaki gunung ini terbilang mahal dibanding gunung lainnya di Indonesia.

2. Gunung Puncak Mandala

✓ 15+ Gunung Tertinggi dan Terindah di Indonesia (Lokasi dan Ketinggian)
Image Source: wikipedia.org

Sama seperti Gunung Jaya Wijaya, Gunung ini juga bertempat di Papua. Gunung ini memiliki ketinggian 4.760 meter di atas permukaan laut. Pada puncak gunung ini juga terdapat salju yang sama seperti di Gunung Jaya Wijaya.

3. Gunung Puncak Trikora

Image Source: wikipedia.org

Gunung ketiga tertinggi di Indonesia ini juga masih berlokasi di Papua. Ketinggian gunung ini hanya selisih 10 meter dari gunung Mandala yaitu 4.750 meter di atas permukaan laut.

4. Gunung Ngga Pilimsit

Image Source: alchetron.com

Gunung tertinggi keempat di Indonesia ini memiliki ketinggian 4.717 meter di atas permukaan laut. Gunung ini masih terletak di provinsi Papua.

Nama lain dari gunung ini adalah Mount Idenberg yang diambil dari bahasa Belanda. Belum ada informasi yang penulis dapatkan mengenai salju pada puncak gunung ini.

5. Gunung Yamin

✓ 15+ Gunung Tertinggi dan Terindah di Indonesia (Lokasi dan Ketinggian)
Image Source: thegorbalsla.com

Gunung Yamin merupakan gunung yang berada di Papua dan mempunyai ketinggian kurang lebih 4.595 mdpl atau sekitar 15.075 kaki.

Untuk dapat mendaki gunung Yamin yang mempunyai struktur bebatuan gamping, klastik dan karang glaciated ini Anda membutuhkan waktu lebih kurang 3 hari perjalanan.

Temperatur suhu di puncak Gunung Yamin bisa mencapai lebih kurang 50 C.

6. Gunung Kerinci

Image Source: wikipedia.org

Gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung kerinci terletak di pulau Sumatera, tepatnya di provinsi Jambi. Gunung ini memiliki ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut.

Selain tinggi, ternyata gunung berapi ini masih aktif. Karenanya sebelum memutuskan untuk mendaki gunung Kerinci, Anda sebaiknya memeriksa status siaganya terlebih dahulu.

7. Gunung Rinjani

Image Source: journeyera.com

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi ke 7 yang ada di Indonesia. Gunung ini terletak di pulau lombok tepatnya di Provinsi NTB(Nusa Tenggara Barat). Gunung Rinjani terkenal akan pemandangan alamnya yang luar biasa indah.

Pulau Lombok sendiri terkenal akan wisata pantainya dan pemandangan laut alaminya yang sangat menakjubkan.

Jika Anda berkunjung ke pulau Lombok, Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan mendaki gunung berketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut ini atau snorkeling di pantai.

8. Gunung Semeru

✓ 15+ Gunung Tertinggi dan Terindah di Indonesia (Lokasi dan Ketinggian)
Image Source: cnnindonesia.com

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi yang terletak di Pulau Jawa. Gunung ini memiliki ketinggia 3.676 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini terkenal setelah di filmkan dalam film yang berjudul 5 cm. Karenanya jangan heran jika Anda mendapati banyak pendaki yang lalu lalang di gunung ini.

Selain puncaknya yang Indah, Danau Ranukumbolo merupakan salah satu tujuan dari para pendaki yang datang ke gunung ini. Danau ini memiliki air dingin yang biasa digunakan pendaki untuk mengisi perbekalan.

9. Gunung Sanggar

✓ 15+ Gunung Tertinggi dan Terindah di Indonesia (Lokasi dan Ketinggian)
Image Source: wonosobozone.com

Jika Anda berkunjung ke Lombok, selain mendaki Gunung Rinjani ada baiknya Anda juga sekalian mendaki Gunung Sanggar. Gunung tertinggi nomor 9 ini memiliki ketinggian 3.564 meter di atas permukaan laut.

Lokasi gunung ini berdekatan dengan Gunung Rinjani yang sama-sama terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Gunung Rantemario terletak di pulau Sulawesi tepatnya di Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki ibu kota Makassar. Gunung ini memiliki ketinggian 3.478 meter di atas permukaan laut.

10. Gunung Latimojong

Image Source: manusialembah.com

Gunung Latimojong merupakan gunung yang terletak di di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Enrekang.

Gunung Latimojong ini adalah gunung tertinggi di Sulawesi dan mempunyai ketinggian lebih kurang 3.478 mdpl atau sekitar 11.410 kaki.

Gunung ini mempunyai puncak yang sangat terkenal yaitu Rante Mario.

11. Gunung Slamet

✓ 15+ Gunung Tertinggi dan Terindah di Indonesia (Lokasi dan Ketinggian)
Image Source: id.wikipedia.org

Gunung Slamet merupakan gunung yang kental akan nuansa mistis. Gunung ini berada di Pulau Jawa tepatnya di Provinsi Jawa Tengah.

Gunung dengan ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut ini tadinya sudah tidak aktif namun sekarang Gunung Slamet sudah aktif kembali.

Pada tahun 2013 silam, Gunung Slamet sering mengeluarkan suara gemuruh dan awan panas. Hal ini tentu membuat warga sekitar sangat panik ketakutan.

Warga yang panik lalu mengungsi di rumah kerabat atau kenalan yang berlokasi jauh dari jangkauan amukan gunung ini.

12. Gunung Sumbing

Image Source: ardan7779.web.id

Gunung Sumbing merupakan salah satu dari gunung tertinggi dan masih aktif di Propinsi Jawa Tengah, tepatnya di antara 3 kabupaten yaitu, Kabupaten Magelang, Temanggung dan Wonosobo.

Gunung Sumbing mempunyai ketinggian kurang lebih 3.371 mdpl atau sekitar 11.060 kaki.

13. Gunung Raung

Image Source: lokalkarya.com

Gunung Raung adalah salah satu gunung aktif dan gunung tertinggi di Propinsi Jawa Timur yang terletak di antara 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Jember.

Gunung Raung berada di kawasan pegunungan Ijen dan mempunyai ketinggian kurang lebih 3.344 mdpl atau sekitar 10.971 kaki.

Gunung Raung termasuk gunung aktif, pertama kali meletus pada tahun 1586 dan terakhir meletus pada bulan Juli 2015.

14. Gunung Lawu

Image Source: joglosemarnews.com

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung berapi yang ada di pulau Jawa. Gunung Lawu terletak di perbatasan antara Kabupaten Karanganyar, propinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan, Propinsi Jawa Timur.

Gunung Lawu mempunyai ketinggian kurang lebih 3.265 mdpl atau sekitar 10.710 kaki dengan 3 puncak, yaitu Hargao Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah yang menjadi puncak tertingginya.

15. Gunung Merbabu

Image Source: nativeindonesia.com

Gunung Merbabu adalah salah satu gunung tertinggi di Propinsi Jawa Tengah, tepatnya berada di antara 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Boyolali, Salatiga, Magelang dan Semarang.

Gunung Merbabu ini berjenis gunung Stratovolcano dengan ketinggian kurang lebih 3.145 mdpl atau sekitar 10.630 kaki.

16. Gunung Agung

Image Source: bali-travelnews.com

Gunung Agung memiliki luas kawah yang amat besar dan dalam, terkadang dari kawah tersebut keluar suatu asap dan uap air.

Jika dilihat dari Pura Bersakih, gunung bertipe stratovolcano ini terlihat seperti kerucut meruncing sempurna. Akan tetapi lain halnya jika dilihat di tempat yang lain, gunung Agung akan nampak memanjang diiringi dengan kawah melingkar nan lebar.

Dari puncak gunung Agung, para pendaki bisa melihat gunung Rinjani di sebelah timur pulau Lombok. Meskipun tidak terlihat secara jelas karena lokasi puncaknya yang sangat tinggi hingga terselimuti oleh awan.

17. Gunung Merapi

Image Source: digitaloceanspaces.com

Salah satu gunung api teraktif berikutnya adalah Merapi. Gunung ini memiliki ketinggian puncak 2.930 mdpl di tahun 2010. Lokasinya berada di Provinsi Jawa Tengah.

Setiap sisinya terbagi dalam beberapa kabupaten seperti Jogja, Magelang, Boyolali, Sleman dan Klaten.

Sejak tahun 2004, kawasan hutan dan sekitar puncaknya telah ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai Taman Nasional Gunung Merapi.

Taman tersebut dikelola agar perlindungan sumber air, sungai beserta penyangga sistem kehidupan tetap terjaga.

Berdasarkan catatan modern, gunung Merapi dianggap sangat berbahaya karena telah mengalami erupsi hampir 2 sampai 5 tahun sekali.

Bahkan di tahun 1548, tercatat gunung ini sempat meletus sebanyak 68 kali. Terlepas dari bahaya yang berakibat pada pemukiman padat penduduk sekitar.

18. Gunung Bromo

Image Source: detik.com

Masyarakat Jawa Timur pasti sudah tidak asing lagi dengan gunung yang satu ini. Yaps, Gunung Bromo. Dengan ketinggian 2.329 meter diatas permukaan laut, gunung yang terletak di Probolinggo ini sudah digadang-gadang menjadi objek wisata utama Jawa Timur.

Lembah dan ngarai yang bertautan dengan lautan pasir seluas 10 kilometer persegi membuat area pegunungan ini berada dalam 4 wilayah kabupaten sekaligus, yakni Kab. Pasuruan, Kab. Lumajang, Kab. Malang dan Kab. Probolinggo.

Kawah Gunung Bromo memiliki panjang garis tengah utara dan selatan sekitar 800 meter, sedangkan untuk panjang garis tengah timur dan barat sekitar 600 meter.

Sepanjang abad 20 hingga 21, Gunung Bromo telah meletus puluhan kal dengan jarak waktu yang teratur, yakni 30 tahun. Tahun 1974 menjadi letusan terbesar bagi Gunung Bromo, sedangkan letusan terakhir terjadi pada tahun 2011.

19. Gunung Krakatau

Image Source: googleapis.com

Sebuah kepulauan vulkanik ini masih aktif hingga saat ini. Krakatau merupakan sebuah gunung berapi paling terkenal di dunia yang berada di selat Sunda, yakni perbatasan antara pulau Jawa dan Sumatera. Lokasi krakatau tersebut kini telah ditetapkan menjadi kawasan cagar alam.

Krakatau meledak secara spektakuler pada tahun 1883. Sehingga ledakan tersebut menimbulkan gelombang tsunami besar yang menyebabkan lebih dari 30.000 korban tewas saat itu.

Letusan ini kemudian menjadi berita global terbesar pertama seusai jalur telegraf telah tersambung di beberapa benua.

Iklim global pun sempat terpengaruh dengan adanya letusan tersebut. Bahkan dunia sempat menjadi gelap gulita selama 2 setengah hari karena debu vulkanis yang menyelimuti atmosfer.

Setahun berikutnya matahari bersinar redup. Debu-debu erupsi pun terlihat di langin New York dan Norwegia.


Daftar Gunung di Indonesia menurut lokasi Lengkap dengan Ketinngiannya


Dibawah ini merupakan daftar gunung yang ada di Indonesia (Papua, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa) lengkap dengan ketinggiannya. (sumber: wikipedia.com)

Gunung di Papua

  • Gunung Puncak Carstenz Pyramid (4,884 m.dpl) merupakan gunung tertinggi di Indonesia. (aktif)
  • Puncak Jaya (4,860 m.dpl)
  • Puncak Trikora (4,730 m.dpl)
  • Puncak Idenburg (4,643 m.dpl)
  • Gunung Dom (1,332 m.dpl)
  • Gunung Derabaro (4,150 m.dpl)
  • Gunung Yamin (4,595 m.dpl)
  • Gunung Yaramamafaka (3,370 m.dpl)
  • Gunung Redoura (3,083 m.dpl)
  • Gunung Togwomeri (2,680 m.dpl)
  • Puncak Mandala (4,640 m.dpl)
  • Ngga Pilimsit(4,717 m.dpl)
  • Gunung Foja (1,800 m.dpl)
  • Gunung Cyrcloop (2,034 m.dpl)

Gunung di Kalimantan

  • Gunung Asing (1.703 m)
  • Gunung Aurbunak (1.150 m)
  • Gunung Balayan (1.599 m)
  • Gunung Banyutawar (1.560 m)
  • Gunung Batu (1.428 m)
  • Gunung Batubrok (1.546 m)
  • Gunung Batusambung (1.170 m)
  • Gunung Batutenebong (1.580 m)
  • Gunung Batutilan (1.718 m)
  • Gunung Batu Sungkur (1.200 m)
  • Gunung Bawang (1.442 m)
  • Gunung Beratus (1.233 m)
  • Gunung Betikap (1.569 m)
  • Gunung Bulu (1.252 m)
  • Gunung Bukit Raya (2.278 m)
  • Gunung Butung (1.151 m)
  • Gunung Cemaru (1.681 m)
  • Gunung Denyukbatu (1.670 m)
  • Gunung Dukaianbukumata (1.140 m)
  • Gunung Halau-halau (1.892 m)
  • Gunung Harung (1.359 m)
  • Gunung Haung (1.038 m)
  • Gunung Kaba (1.329 m)
  • Gunung Kerihun (1.790 m)
  • Gunung Latuk (1.850 m)
  • Gunung Lawit (1.767 m)
  • Gunung Liangpahang (1.650 m)
  • Gunung Liangpran (2.240 m)
  • Gunung Lima (1.245 m)
  • Gunung Lumut (1.233 m)
  • Gunung Madi (1.319 m)
  • Gunung Mando (682 m)
  • Gunung Mangtajung (1.525 m)
  • Gunung Menyapa (2.000 m)
  • Gunung Mesangat (1.847 m)
  • Gunung Niut (1.701 m)
  • Gunung Pangilingin (1.101 m)
  • Gunung Panjang (1.613 m)
  • Gunung Palung (1.116 m)
  • Gunung Piyabung (1.130 m)
  • Gunung Rorokoan (1.210 m)
  • Gunung Saran (1.758 m)
  • Gunung Sarempaka (1.372 m)
  • Gunung Serbahak (1.300 m)
  • Gunung Sombang (1.450 m)
  • Gunung Suwaran (1.230 m)
  • Gunung Telagalangsat (1.660 m)
  • Gunung Tikung (1.804 m)

Daftar gunung di Sulawesi

Sulawesi Selatan

  • Gunung Latimojong/ Gunung Rantemario ( (3.478 m)
  • Gunung Rantekombola (3.070 m)
  • Gunung Balease (3.016 m)
  • Gunung Latimojong (2.871 m)
  • Gunung Bawakaraeng (2.845 m)
  • Gunung Karua (2.670 m)

Sulawesi Barat

  • Gunung Gandangdewata (3.017 m)
  • Gunung Pelatang (2.925 m)
  • Gunung Mambuliling (2.843 m)
  • Gunung Tonggo]] (2.710 m)
  • Gunung Tapeanlima (2.670 m)

Sulawesi Tengah

  • Gunung Torompupu (2.479 m)
  • Gunung Nokilalaki (2.355 m)
  • Gunung Gawalise (2.200 m)
  • Gunung Indoro (2.513 m)
  • Gunung Torenali (2.507 m)
  • Gunung Bitea (2.240 m)
  • Gunung Pompangeo (2.590 m)
  • Gunung Tambusisi (2.390 m)

Sulawesi Tenggara

  • Gunung Mekongga (2.620 m)
  • Gunung Osu Nondoto (2.421 m)
  • Gunung Porema (2.242 m)
  • Gunung Mopeaanooleo (2.223 m)

Sulawesi Utara

A. Kabupaten Bolaang Mongondow

  • Gunung Batubulawan (1.970 m)
  • Gunung Gambuta (1.954 m)
  • Gunung Poniki (1.817 m)
  • Gunung Paupau (1.815 m)
  • Gunung Moayat (1.780 m)
  • Gunung Sinandaka (1.770 m)
  • Gunung Kabila (1.732 m)
  • Gunung Ambang (1.689 m)
  • Gunung Limibut (1.568 m)
  • Gunung Simbalang (1.521 m)
  • Gunung Bumbungon I (1.496 m)
  • Gunung Osiusing (1.461 m)
  • Gunung Bumbungon (1.420 m)
  • Gunung Bilohulangan (1.420 m)
  • Gunung Ulutelagomoat (1.370 m)
  • Gunung Kapoya (1.112 m)
  • Gunung Mongaladia (1.325 m)

B. Kabupaten Minahasa

  • Gunung Klabat (1.995 m)
  • Gunung Soputan (1.820 m)
  • Gunung Lokon (1.689 m)
  • Gunung Manimporok (1.661 m)
  • Gunung Rindengan (1.553 m)
  • Gunung Tacui (1.520 m)
  • Gunung Tampusu (1.500 m)
  • Gunung Tatawiran (1.474 m)
  • Gunung Lumedon (1.425 m)
  • Gunung Lolombulan (1.402 m)
  • Gunung Aiseput (1.400 m)
  • Gunung Dua Saudara (1.351 m)
  • Gunung Kautil (1.332 m)
  • Gunung Mahawu (1.311 m)
  • Gunung Kawatak (1.370 m)
  • Gunung Tangkoko (1.149 m)

C. Kabupaten Kepulauan Sangihe-Talaud

  • Gunung Awu (1.784 m)
  • Gunung Api (1.784 m)
  • Gunung Karangetang (1.320 m)
  • Gunung Dalace (1.165 m)
  • Gunung Kolongan (1.158 m)
  • Gunung Tamata (1.134 m)
  • Gunung Sahendarum (1.046)
  • Gunung Kakiralong (1.002 m)
  • Gunung berapi bawah laut Banua Wuhu

Gunung di Sumatra

  • Gunung Bandahara, Aceh (3.030 m)
  • Gunung Burni Telong, Aceh (2.600 m)
  • Gunung Geureudong, Aceh (2.885 m)
  • Gunung Kembar, Aceh (….. m)
  • Gunung Leuser, Aceh (3.404 m)
  • Gunung Perkison, Aceh (2.828 m)
  • Gunung Seulawah Agam, Aceh (1.726 m)
  • Gunung Sibayak, Sumatra Utara (2.212 m) –
  • Gunung Sibuaten, Sumatra Utara (2.457 m)
  • Gunung Sihapuabu, Sumatra Utara (….. m)
  • Gunung Sinabung, Sumatra Utara (2.475 m)
  • Gunung Sorik Marapi, Sumatra Utara (2.145 m)
  • Gunung Djadi, Riau (1.100 m)
  • Gunung Ambun, Sumatra Barat (2.060 m)
  • Gunung Cermin, Sumatra Barat (….. m)
  • Gunung Kelabu, Sumatra Barat (2.179 m)
  • Gunung Kerinci, Sumatra Barat dan Jambi (3.805 m) (tertinggi di Sumatra, kedua di Indonesia dan gunung berapi tertinggi di Indonesia)
  • Gunung Mande Rabiah, Sumatra Barat (2.430 m)
  • Gunung Marapi, Sumatra Barat (2.891 m)
  • Gunung Pasaman, Sumatra Barat (2.190 m)
  • Gunung Rasan, Sumatra Barat (2.039 m)
  • Gunung Sago, Sumatra Barat (2.261 m)
  • Gunung Singgalang, Sumatra Barat (2.877 m)
  • Gunung Talamau, Sumatra Barat (2.913 m)
  • Gunung Talang, Sumatra Barat (2.572 m)
  • Gunung Tambin, Sumatra Barat (2.271 m)
  • Gunung Tandikat, Sumatra Barat (2.438 m)
  • Gunung Dempo, Sumatra Selatan (3.159 m)
  • Gunung Seblat, Bengkulu (2.383 m)
  • Gunung Daik, Kepulauan Riau (1.165 m)
  • Gunung Jantan, Kepulauan Riau (700 m)
  • Gunung Ranai, Kepulauan Riau (1.035 m)
  • Gunung Betung, Lampung (….. m)
  • Gunung Krakatau, Lampung (0.813 m)
  • Gunung Pesagi, Lampung (2.262 m)
  • Gunung Pesawaran, Lampung (….. m)
  • Gunung Rajabasa, Lampung (1.281 m)
  • Gunung Seminung, Lampung (1.881 m)
  • Gunung Tanggamus, Lampung (2.102 m)
  • Gunung Pusuk Buhit

Gunung di Pulau Jawa

  • Gunung Alang-alang (2.240 m)
  • Gunung Andong (1.726 m)
  • Gunung Anjasmoro (2.277 m), Jawa Timur
  • Gunung Argapura (3.088 m), Jawa Timur
  • Gunung Argowayang (2.162 m), Jawa Timur
  • Gunung Arjuno (3.339 m), Jawa Timur
  • Gunung Aseupan (1.174 m)
  • Gunung Ayamayam (1.022 m)
  • Gunung Baluran (1.247 m)
  • Gunung Berungkal (1.040 m)
  • Gunung Batok (2.440 m)
  • Gunung Beser (1.530 m)
  • Gunung Betiri (1.215 m)
  • Gunung Biser (1.359 m)
  • Gunung Bisma (2.365 m)
  • Gunung Blego (996 m)
  • Gunung Boklorobubuh (2.230 m)
  • Gunung Bongkok (1.141 m)
  • Gunung Bromo (2.392 m), Jawa Timur
  • Gunung Bukit Tunggul (2.208 m)
  • Gunung Buleud (1.519 m)
  • Gunung Burangrang (2.057 m)
  • Gunung Butak (2.868 m), Jawa Timur
  • Gunung Cadaspanjang (2.050 m)
  • Gunung Cakrabuana (1.721 m)
  • Gunung Calancang (1.667 m)
  • Gunung Canggah (1.618 m)
  • Gunung Ceremai (3.078 m)
  • Gunung Ciawitali (1.297 m)
  • Gunung Cikuray (2.818 m)
  • Gunung Dorowati (1.586 m)
  • Gunung Endut (1.297 m)
  • Gunung Gajah Sambit (1.010m)
  • Gunung Galunggung (2.167 m)
  • Gunung Gambiran (1.080 m)
  • Gunung Gede (2.958 m)
  • Gunung Geder (1.555 m)
  • Gunung Gembes (1.105 m)
  • Gunung Guntur (2.249 m)
  • Gunung Gutak (676 m)
  • Gunung Halimun (1.925 m)
  • Gunung Haruman (1.217 m)
  • Gunung Ijen (2.443 m)
  • Gunung Ider-ider (2.527 m)
  • Gunung Jambangan (2.492 m), Jawa Timur
  • Gunung Jambu (1.875 m)
  • Gunung Jaran (1.213 m)
  • Gunung Jenggeran (865 m)
  • Gunung Jimat (2.210 m)
  • Gunung Joho (1.272 m)
  • Gunung Jokolangan (2.312 m)
  • Gunung Jumbri (639 m)
  • Gunung Kaledong (1.251 m)
  • Gunung Kancana ( 2.182 m)
  • Gunung Kawi (2.651 m), Jawa Timur
  • Gunung Karacak (1.839 m)
  • Gunung Karang (1.245 m)
  • Gunung Kelud (1.350 m), Jawa Timur
  • Gunung Kembar I (3.052 m)
  • Gunung Kembar II (3.126 m)
  • Gunung Kencana (1.210 m)
  • Gunung Kendalisodo (794 m)
  • Gunung Kendang (2.617 m)
  • Gunung Kendeng (1.918 m)
  • Gunung Kepolo (3.035 m)
  • Gunung Kumbang (1.211 m)
  • Gunung Krakatau (813 m)
  • Gunung Krincing (2.751 m)
  • Gunung Lanang (1.105 m)
  • Gunung Langit (1.625 m)
  • Gunung Lasem (806 m)
  • Gunung Lembu (780 m)
  • Gunung Lawu (3.245 m), Jawa Timur
  • Gunung Lemahlaki (858 m)
  • Gunung Lembayungan (1.029 m)
  • Gunung Lemongan (1.651 m)
  • Gunung Liman (2.563 m), Jawa Timur
  • Gunung Limas (2.162 m)
  • Gunung Lumping (1.327 m)
  • Gunung Malabar (2.343 m)
  • Gunung Malang (1.310 m)
  • Gunung Mandalagiri (1.813 m)
  • Gunung Manglayang (1.818 m)
  • Gunung Manjatan (1.304 m)
  • Gunung Masigit (2.078 m)
  • Gunung Masigit Mandalawangi (1.640 m)
  • Gunung Megalama (1.131 m)
  • Gunung Merapi (2.911 m), Jawa Timur
  • Gunung Merbabu (3.145 m)
  • Gunung Midangan (1.043 m)
  • Gunung Mungal (2.480 m)
  • Gunung Muria (1.602 m)
  • Gunung Nyungcung (1.010 m)
  • Gunung Nglumpang (1.020 m)
  • Gunung Pagas (1.142 m)
  • Gunung Pandan (897 m)
  • Gunung Panderman (2.000 m)
  • Gunung Pangparang (1.810 m)
  • Gunung Pangrango (3.019 m)
  • Gunung Panjungan (2.361 m)
  • Gunung Papandayan (2.665 m)
  • Gunung Patuha (2.386 m)
  • Gunung Patukbonteng (1.642 m)
  • Gunung Parang (963 m)
  • Gunung Penanggungan (1.653 m)
  • Gunung Penanjakan (2.777 m)
  • Gunung Panderman (2.045 m)
  • Gunung Pendil (2.338 m)
  • Gunung Pojoktiga (1.354 m)
  • Gunung Popok (825 m)
  • Gunung Prau (2.565 m)
  • Gunung Pulosari (1.346 m)
  • Gunung Pulusari (1.855 m)
  • Gunung Putri (1.872 m)
  • Gunung Raja (1.635 m)
  • Gunung Rajekwesi (900 m)
  • Gunung Ranti (2.601 m)
  • Gunung Raung (3.332 m), Jawa Timur
  • Gunung Ringit (1.250 m)
  • Gunung Sadakeling (1.676 m)
  • Gunung Salak (2.211 m)
  • Gunung Sanggabuana (1.291 m)
  • Gunung Sawal (1.764 m)
  • Gunung Semeru (3.676 m), Jawa Timur
  • Gunung Semungklung (1.200 m)
  • Gunung Sewu (1.240 m)
  • Gunung Sibendo (1.230 m)
  • Gunung Siberuk (1.200 m)
  • Gunung Sigepak (855 m)
  • Gunung Sikedung (1.248 m)
  • Gunung Sindoro (3.150 m)
  • Gunung Sipandu (2.241 m)
  • Gunung Slamet (3.432 m)
  • Gunung Sumbing (3.336 m)
  • Gunung Subang (1.206 m), Jawa Barat dan Jawa Tengah
  • Gunung Suket (2.950 m), Jawa Timur
  • Gunung Talaga (2.268 m)
  • Gunung Tambakruyung (1.990 m)
  • Gunung Tampomas (1.684 m)
  • Gunung Tanggung (780 m)
  • Gunung Tangkuban Perahu (2.084 m)
  • Gunung Tanjaknangsi (1.505 m)
  • Gunung Telaga Bodas (2.201 m)
  • Gunung Telomoyo (1.894 m)
  • Gunung Tidar (503 m)
  • Gunung Tilu (1.076 m)
  • Gunung Tulah (1.150 m)
  • Gunung Ungaran (2,050 m)
  • Gunung Wagir Jampang (803 m)
  • Gunung Waringin (2.140 m)
  • Gunung Wayang (2.181 m)
  • Gunung Welirang (3.156 m), Jawa Timur
  • Gunung Wilis (2.552 m), Jawa Timur

Demikian penjelasan mengenai gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat dan selamat mendaki untuk Anda yang ingin mendaki.

Keyword: gunung tertinggi di indonesia

You May Also Like

About the Author: Arfin Budi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *